Saturday, April 19, 2014

Terhasut “Maryamah Karpov”

December - 9 - 2008
terhasut-maryamah-karpov

Moh Samsul Arifin

Pejaten-Tugu Pancoran, akhir November 2008. Hujan memukul jendela, menerjang daratan dan menyulut kemacetan hebat. Sudah pasti aku terlambat ke tempat acara. Tapi, sejurus kemudian seseorang di sebelahku membuka bukunya. Gambar biola yang didekap mesra pemainnya menyelinap. Baris-baris kalimat terlintas di depan mataku, “Maryamah Karpov”—Mimpi-mimpi Lintang. Aha…buku ini adalah sekuel yang paling ditunggu para pecinta Laskar Pelangi yang telah difilmkan pula. Provokasikah?

Kali ini, ia tak lagi bercerita soal piawainya Andrea Hirata membingkai cerita, menyusun kata dan melempar mimpi kepada pembaca. Lebih konkret dari itu, ia membacakannya untukku. Lebih setengah jam Pejaten-Tugu Pancoran, 20 halaman telah diperdengarkannya padaku. Aku terhasut…Ya oleh kepintaran seorang Melayu yang tengah bergelut memperoleh master di Universitas Sorbonne, Prancis.

Seorang calon grand master asal Georgia, Ninochka Stronovsky mati kutu di depan para doktor dan profesor yang menguji tesisnya. Stronovsky yang anak kandung peradaban Eropa gagal, bagaimana pula dengan anak Melayu?

Sungguh keliru sembilan puluh sembilan meremehkan anak Nusantara. Andrea membuktikan itu, saat ia bisa meyakinkan Dr Antonia LaPlagia, doktor paling sinis di kampusnya, bahwa logika matematika yang ia susun dalam tesisnya dapat diterima. Anak Melayu ini, telah membuat perhitungan dengan tuntas bahwa nasib manusia—dengan latar belakang apa pun, termasuk kuli timah di Belitong—dapat diubah dengan kerja keras. Inilah suku kata pertama yang mengarahkan banyak hal yang terjadi pada Ikal—tokoh utama—hingga kalimat terakhir “Maryamah Karpov”.

Hasutan yang berhasil…karena selepas itu, aku terpompa untuk menyelesaikan “Maryamah Karpov” hingga halaman terakhir. Renyah seperti kacang goreng, sang penulis mendiskripsikan sederet warga Belitong di kampungnya. Penuh detail, menyibak dan yang pasti menawarkan “kejutan”. Simak Bang Zaitun—sopir angkutan, bekas pemimpin orkes Melayu. Sungguh santai tokoh ini menjalani hidup. Pernah gagal, namun seni memberi padanya ilmu untuk menyiasati hidup. Dengan cara itu, penumpang yang naik bus miliknya dapat mereguk “madu” dari titik nol sejak orang itu menginjakkan kaki di Belitong. Beragam watak manusia disingkap penulis. Kita pun menyaksikan spektrum pelangi kepribadian manusia.

Kian terhasut karena aku menikmati fiksi dalam sebagian besar halaman. Njoo Xian Ling, ini kata lain dari cinta bagi Ikal, yang menggerakkan fiksi Andrea tersusun rapi. Etos seperti apa yang bisa menjelaskan master ekonomi komunikasi bisa merancang perahu yang memerlukan perangkat fisika dan konstruksi? Energi apa pula yang bisa menggerakkan seorang jadi kuli timah, menebang pohon dan kerja serabutan lainnya demi mengumpulkan sen demi sen rupiah? Atau keberanian jenis apa yang membikin seseorang rela menyeberangi lautan demi mengetahui nasib seseorang yang belum pasti masih hidup atau tidak?

Demi perahu Ikal rela kerja keras. Bahkan sudi menempuh sedikit “petualangan mistis” yang jadi kegemaran Mahar—sahabatnya yang putar haluan menjadi dukun amatir. Ikal juga dibantu sang jenius “Issac Newton” yang menghuni pikiran cerdas Lintang. Maka tersusunlah, perahu asteroid yang tersusun dari papan lambung perahu milik perompak abad 19. Lintang lah yang menentukan ukuran perahu itu dari panjang, bobot, jarak lengkung lambung, linggi, tinggi lambung hingga motor dobel 40 tenaga kuda. Pokok kata, inilah “Mimpi-mimpi Lintang” yang lantas disematkan pada perahu tersebut.

Ya…perahu inilah yang membawa Ikal ke pusat mimpinya yang lain, cinta. Ikal pun mendaki, menerabas setiap halangan, bahkan rela menukar nyawa menembus ganasnya ombak yang membelah Belitong dan Batuan, pulau luar dekat Singapura. Seluruhnya dilakukan asal bertemu A Ling…Pendakian Ikal ini memang membawa hasil. Pujaannya selamat dan bisa dibawa pulang. Namun, penulis menyudahi petualangan Ikal yang ksatria dan mendebarkan itu dengan klise. Sang ayah tak merestui Ikal meminang A Ling. Pembaca diminta menebak sendiri, apa sesungguhnya alasan ayah Ikal menolak. Tapi diatas segalanya, Ikal masih memburu, “…aku tak kan menyerah pada apapun untuknya…”

Penutup yang sia-sia. Meski begitu bukan tak mungkin justru akan mengantarku pada tiga sekuel terdahulu. Mungkin saja…

Share and Enjoy:
  • Print this article!
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google Bookmarks
  • blogmarks
  • E-mail this story to a friend!
  • LinkedIn
  • Live
  • MySpace
  • Netvibes
  • Reddit
  • Slashdot
  • Technorati
  • Tumblr
  • Twitter
  • Wikio

57 Komentar pada “Terhasut “Maryamah Karpov””

  1. Bahrur says:

    Benar…
    jadi penasaran ya….

  2. niehands says:

    Setelah diceritakan sekilas mengenai tetralogi laskar pelangi, kayaknya seru banget…Palagi dah baca buku aslinya!

  3. ujnag says:

    wesss jadi pengen baca….

  4. ady_chy says:

    aseli,.. makin seru niy tampaknya petualangan si ikal.

  5. tia says:

    Hik.. hik.. akhir yang menyedihkan
    tapi kok dibab-bab terakhir seperti membaca petualangan bajak laut.

  6. nina says:

    Wah ko kaya cerita fiksi ya? apa beneran ya itu pengalaman asli Andrea Hirata, menakjubkan!! bisa ya ada kekuatan seperti itu.. Liputan 6 Sepak Terjang Tokoh Laskar Pelangi mbok ya dikupas lebih dalam, dijadikan satu kumpulan liputan khusus dong…

  7. zanikhan.tk says:

    semoga cepat terbit yah…

  8. jagong says:

    Hik,hik, kayaknya mas syamsul penasaran dengan petualangan cinta Ikal dan A Ling. Bukan “petualangan” pribadi juga, kan??

  9. maverick says:

    hhhmm, novelnya bagus tapi endingnya agak gimana yaa… ngegantung aja gitu, mungkinkah ada novel yang lain atau pembaca ditinggal penasaran aja dengan kisah ikal-A ling tapi my fav ada di halaman 488, baca deh dan silahkan ngakak…;p

  10. jati says:

    itulah yang membingungkan sudah bersusah panyah dari kecil dng melihat tangan bisa jatuh cinta, ke eropa, africa, dan naik kapal ketemu bajak laut untuk mencari cintanya ( sampai istriku bilang andaikan aku dicintai dengan cara demikian ) ehm romantis!!!
    sayang andre tidak dapat melunakkan hati ayahnya, aku berpendapat karena perbedaan agama mungkin itu sang ayah tidak memperbolehkan, tapi andre bisa juga membujuk aling untuk menganut agama Islamkan, dan setelah itu membentuk rumah tangga yang sakinah kayak arai sepupunya itu, ehm…itu aku yang berpendapat, tapi mas andre…???

  11. sumantho says:

    Gile bener….gue aja orang belitung tadinya malu ngakuin tempat kelahiran gue.tapi skrg tugas gue mendidik anak2 gue mencontoh hal ini

  12. connie says:

    Mimpi-mimpi Lintang, penutup tetralogi Laskar Pelangi ini, kok kedengarannya ngayal banget yah? Sori, aku agak skeptis aja waktu baca novelnya. Gimana bisa cinta membawa seorang grand master bertindak begitu mindless, belum lagi ditambah dengan ide dan pemikiran Lintang yang udah kayak einstein aja. Btw, kalo emang ini true story, empat jempol deh buat Andrea.

  13. rafika says:

    huebat….tetralogi laskar pelangi membuat semua orang terhanyut serasa ikut mengalaminya tidak orang tua tidak orang muda semuanya terhanyut dalam alur ceritanya..setuju dengan saran saudara nina,Sepak Terjang Tokoh Laskar Pelangi untuk dikupas lebih dalam lagi dalam satu liputan khusus tapi jgn siang dong secara ngak bisa nonton krn kerja…:<

  14. rosti says:

    Jadi ikut penasaran, mau tau jalan cerita lanjutannya. Tapi kok seperti review dari kisah awal yang diperluas ya? Dan kok akhir ceritanya masa seperti gantung sih, kurang seru dong, anyway tetap pengen baca juga nih.

  15. gw tau kenapa ayahnya Aling nolak ikal jadi menantu… karena ikal lupa bawa martabak kegemaran ayahnya … ~kabur

  16. fyde82 says:

    jadi penasaran pengen baca novelnya
    satu hal yang membuat ku penasaran saat pertama kali membaca Laskar Pelangi, ada tanda tanya besar apakah semua itu true story???
    kalo’ emang beneran true story, aku pengen banget ketemu sosok lintang yang sebenarnya (^_^)

  17. jolie18 says:

    saya salut banget sama mas Andrea, dia menginspirasi semua orang yang membaca karyanya, cermin tidak meratanya fasilitas pendidikan di Indonesia. Pas tau storynya sampe ke Perancis wow hebat banget,jadi ingat waktu kuliah dosenku native speaker dari Perancis Monsieur Brono Huet ngak bisa bhs.Indonesia dan ngak mau bhs Inggris. Bener-bener semangatnya sampai menginspirasiku membuat lomba buat siswa-siswaku di MAN 2 Model Palu. Merci beaucoup au revoir…..

  18. ebert says:

    Membaca buku ini, akhirnya kita menyadari bahwa Ikal telah menemukan jati dirinya yang sesungguhnya, yaitu : Sang Pengejek sejati…hehehe…

    By the way, salut untuk Buku Maryamah Karpov !!!

    Menggelikan, menyedihkan, sekaligus mengejutkan.

    Andrea memang tidak akan pernah kehilangan sifat tulisannya…melompat-lompat..!!!

  19. sicutE says:

    Lintang tu nyata apa fiktif si?ko bisa ya se jenius itu?

  20. Radzie Gade says:

    Sol, ini kau suruh aku beli buku Maryamah. Sudah kubeli, tapi belum sempat kubaca… Kau bacalah untukku sebentar.. Nanti kau ceritakan padaku, sambil kita ngopi di cafe pojok dekat Gramedia Plaza Semanggi,… Bukankah di situ kita terakhir bersua, hampir dua tahun lalu?

    Kapan kau ke kampungku??

    Radzie

  21. Menuruku cerita itu nyata atau khayalan tak menjadi masalah. Yang penting ceritanya berkualitas. Hebat bisa menghipnotis ribuan bahkan jutaan manusia untuk menghabiskan waktu demi membaca tetralogi laskar pelangi. Karya anak bangsa yang patut diacungi Jempol, empat jepol sekaligus (jempol kaki juga).

    Semoga bisa menyamai buku Harry Potter. Amin.

    Buat mas andrea sukses selalu.

    Buat liputan 6 mantap.

  22. lianthy says:

    emh ..
    kapan iah bkunya terbid ??
    thy dah bca cmua, yo nggal maryamah karpov tu tok ..
    jdi nambah pnasaran dee …

  23. RaDiT_jkT says:

    saLuT bgD bwt mas andrea,
    empat jempol dan sembah takjub, bwT mas,. haLaH2x..
    ‘cinta emg haruz dperjuangkan ya mas..’

    gw yakin thiz’s tRue story,
    dan gw jg brani bertaruhn ; akan menangkap semua durian jatuh pada musim hujan, memakai helm kmnpun selama setahun, menelan 3 bola pimpong, sampe makan 2kg cabe rawit dlm waktu 15menit tanpa air,, kalau cerita itu bohong..!!!!!!!
    ada yang berani bertaruh, bwt org yg gk yakin??

    btw, endingnya emg gantung..
    tpi klo menelaah dari judul ‘maryamah karpov’
    ikal pasti menikah dgn anknya ibu maryamah (pemilik warung kopi usah kau kenang lagi) yang bernama marni (klo gk slh,!?) yg jago main biola..
    coz yg namanya judul, pzti dbwt dengan meaning sumting.. (yg mana ending dbwt gantung, spy kita mencerna hub. judul dgn isi buku). setuju,!
    atw ada yg mau bertaruh,,??
    antara A Ling dgn MaRni?? (haYo,!!)

    gw yakin ikal psti nurut sama sang ayah (‘paling nomer satu sedunia’, kata ikal). coz, iman sgat tdk bs diganggu gugat, scra ikal lulusan SDN muhammadiah gantong..

  24. asma says:

    jadi penasaran pengen baca, tapi endingnya begitu ya

  25. dedy says:

    Andrea hirata memang penulis jempolan, semoga orang2 yang mendompleng kepopuleran dia saat ini lewat propaganda infotainment mendapat petunjuk dari Allah SWT, Amiiiiin
    Bravo Mas Andrea, ditunggu pemutaran filimnya di layar lebar

  26. none nuniek says:

    aku udah baca laskar pelangi,sang pemimpin,edensor pokoknya okey dan ndak bikin stress, seru trus jadi ketawa ama nangis sendiri.good lucky !

  27. Anjar says:

    Mungkin banyak fans Mz Andrea yg kcewa dengan “Maryamah Karpov” karena ending dan ceritanya yg rada “aneh”
    Tapi saya malah semakin ngefans sama Mz Andrea dia ngajarin kita bahwa kita sendirilah yang menentukan kebahagiaan kita,kuliah sampai ke Sorbonne cuma buat kawin lari dan jadi tukang kayu+kuli timah..well itulah kebahagiaannya Si Ikal =)

  28. aiyu says:

    waaahhhh….sama dunk kya aq,,aq jg suka loh sm tokoh bang zaitun…
    tp endingnya tragis iaa…???

  29. nHeevabaGis says:

    wahhh….srU bgt kYkX..
    tp Q lom bCa neH mAryamah KarpoVx,
    novel2 sbLmX brkWlitas bgt!!!Q salut ma AnDrea !!
    Tp,Q jg pnsaran bgt,tuw Qsah Xta gK yaa..
    aH!kyKx Tu da Fiksix jg deHh..
    abZZ, Qsah Hdupx tu sueeeeerrr …
    indah bgttt…

  30. Lawliet says:

    Hahay. . .
    Hebad dhe pokoknah bwt andrea. . .
    Eah,cinta ruz qt pjuangkan . . .
    Sbtas qt mampu. .
    N yakinlah,
    Kmampuan krna cinta, bs jd tak berbatas. . .
    Hahaha. . .

    Ckup kcewa si,
    Kalo mank lintang it fiksi. . .
    Watepher. . .
    Qt lah yg brusaha membngkitkan lintang. . .
    Ya,dlm diri kita.
    Stiap kita ad lintang masing2. .
    Jadilah lintang teman2.hehe.

    God job bwt andrea.

  31. yustika says:

    Jelek banget dibanding 3 novel sebelumnya. Terlalu bertele tele menceritakan sesuatu, dlm menjelaskan sesuatu terlalu banyak contoh, membosankan, kurang greget.Lumayan lucu sih, tp mengecewakan jg krn jauh2 kuliah di sorbone cm jadi pengangguran di kampung

  32. boim says:

    akhirnya ngegantung banget eung.,.,.,

    akhirnya gmna?

    ga jd ma c lintang?

  33. wlan says:

    huaaaah, mang bagus sich ulasannya soal buku ini.udah cukup mewakili.Tapi buat yang udah baca yang 1-3 jadi binggung kok “maryamah karpov”nya cuma di maskn setengah2 mending nggak usah sekalian atau dibahas dbuku maryamah karpov jilid 2.heheheh

  34. olie says:

    Tuhan punya rencana lain untuk lintang, mimpi2 lintang telah dirangkul pada siapapun yang telah membaca tetralogi LP, meski lintang tak bisa mewujudkan cita-citanya. Tuhan telah memberi inspirasi Andrea sebagai penghubung cita2 lintang kepada seluruh anak negri, salut terharubiru..sure

  35. RieFQi says:

    Kereen. . Bgt crita na. .
    Tpi koq endinGx gantUng. ?
    BuT, tetp jemplo bwt mas andrea. . Aplg crita endingx, singkat tPI bermakna bgt!!
    Bwt sekuelx lg iah!!

  36. fauzi says:

    sungguh sebuah karya seni yang sangat mengugah hati dan memotivasi diri untuk senantiasa berkembang, jadi ditengah dunia ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju ini marilah kita senantiasa mengikutinya…… ayo bersama-sama maju

  37. lusy IISIP 2008 says:

    sampai buku terakhir ini pun,mimpi Lintang tetap tidak tercapai

  38. ida says:

    lucu, sedih, seneng smpe seneng bgt, ad smua dibuku ini. POKOKNYA WAJIB BACA!!!!!!!!
    ga ad yg namanya bosen.
    NO WAY BOSEN.

  39. rini says:

    kerennnnnnn bgt
    wajib dibaca harus
    jangan beli buku bajakan
    hehehehehe

  40. esti says:

    buku yg sgt bagus..menurutku endingnya memang sengaja dibuat mengambang sprt itu, krn ini cerita ttg khdpn, bukankah hidup itu penuh misteri,begitu pula dgn cerita ini.klo ikal jd nikah ma A Ling, ceritanya sudah bisa ditebak dari awal dong..sp tau krn akhir ceritanya masih gantung, ada buku lanjutan dr tetralogi laskar pelangi^_^
    btw analisanya RaDiT_jKt boleh jg tuch,bisa saja ikal akhirnya nikah sama nurmi( pemain biola ankny maryamah)

  41. mira says:

    Novel yang jelek n membosankan abiiis!
    Dengan susah payah dan kupaksakan akhirnya selesai jg novel ini (abis sayang udah beli mahal2).ceritanya membosankan, penuturan cerita bertele2, kebanyakan contoh (ttg asal nama2 julukan orang melayu).si pejuang hidup itu akhirnya jadi pengangguran intelek di kampung. termehek2 mencari cinta(aling) yang terkesan gampang bgt ditemukan, pdhal sdh berkelana keliling dunia mencarinya. Mana kisah tentang wanita hebat yang berjuang melawan hidup yangsulit itu (cik maryamah)?GW ingeet banget andrea pernah bilang ‘Novel ke4 saya ini akan bercerita tentang ketegaran &perjuangan hidup seorang wanita, Buku ini saya buat utk wanita” mana Bang andrea,kenapa jadi begini karyamu????

  42. d2ck_jegeg says:

    Bukannya mas andrea sendiri yg ngaku kalo pas dia menyelesaikan MK niy dia ngerasa seperti menulis Laskar Pelangi 2, gara-gara pas nulis Sang Pemimpi n Edensor dia ngerasa jadi penulis yang paham sastra sehingga terlalu berpangku pada aturan nulis?? Beda sama Laskar Pelangi, dimana saat ituw mas andrea sama sekali buta sastra.. Nah,menurut kamu kerenan mana?? Kalo aku, karena belom baca yang Maryamah Karpov, jadinya belom bisa coment lebih jauh…
    But, so far.. gag berlebihan kayaknya kalo aku sebut mas andrea sebagai salah satu penulis terkeren yang dimiliki negeri ini.

  43. ariftrio says:

    check tempat dulu ah

    perpustakaan tempat AH mencari ketaerangan mengenai sejarah nenek moyangnya sebelum berangkat berlayar mencari A Ling

    http://www.panoramio.com/photo/18037324

  44. swg credits says:

    “Very informative article – I hope there’s even more.

    If you don’t mind me asking, which theme have you installed on this blog? I would like to know if others can use it.”

  45. cr says:

    udah dari nov abiz bc MK salut bgt bwt mas andrea
    tp agak sedikit kcewa ma akhir ceritanya ky’x gantung bgt ceritax

    dr ke 4 novel paling g suka yg terakhir ini …agak kcewa tp yah…khas nya mas andrea bgt…bwt org penasaran n nebak sndiri

    ikut prihatin jg ma kisah cinta ikal kya’nya representasi dunia nyata nih mas…

  46. miss_eliot says:

    saya begitu penasan dan menati buku terakhir dari tetralogi laskar pelangi, tapi saya agak sedikit kecewa ternyata ending yang dibuat diluar dugaan, tapi ya mungkin itu jalan anak manusia yang tak selalu happy ending…
    kita tunggu buku2 gebrakan yang baru lagi dan yang akan mengupas sisi lain dari negeri sendiri…

    maju terus anak melayu….

  47. made asih says:

    tiga novel sbelumnya baguzzzzzzzzzzzzzz bengetz,(walau diri Q bisa baca karna minjem dari tmen)butz buku itu sa bwt q kayak orang gila,
    tiba2 senyum, lalu menangis tersedu-sedu karna ikut merasakan banget semua yang dirasakan oleh ikal,
    nah….sayangnya q wong deso,jadi ga sa nyari bukunya yang ke4 langsung waktu tuh buku keluar,
    hikz….hikz…..hikz…..
    kachian gue,
    tapi jujur, bukuna mas andrea bener2 adalah salah satu buku yang menginspirasi aku untuk tetep berusaha gapai cita2 walau banyak kekurangan,dan satu hal yang slalu aku inget adalah
    “nasib itu emang aneh”

  48. TAMI says:

    sama Aq jg tersepona bngt dng novel maryamah karpov ntu,,menyemangatkan jiwa untuk tetap berusaha dan meyakinkan diri……….
    keren bngt deh INDONESIA pnya anak bangsa yg hebat imajinasinya…
    bangga deh jd anak INDONESIA………….

  49. yusup says:

    KRONOLOGINYA KACAU BALAU

Tinggalkan Komentar